Ginseng Basah
Ginseng basah mengandung kurang lebih 75% air dan masih berbentuk akar. Bentuk inilah yang biasa disebut orang sebagai ginseng. Ginseng basah dapat dipanen setelah berumur 4 – 6 tahun. Ginseng ini paling segar, namun susah disimpan karena biasanya mutu ginseng merosot setelah penyimpanan. Pada umumnya ginseng diolah menjadi semacam permen dengan campuran madu atau fructose

Ginseng Kering
Ginseng kering adalah hasil pengeringan dari ginseng basah. Warnanya kuning muda. Ada beberapa jenis ginseng kering, yaitu ginseng putih yang kulitnya sudah terkelupas dengan ginseng putih berkulit berdasarkan adanya kulit ginseng. Pembagian jenis ginseng juga bisa didasarkan pada bentuk ginsengnya, yaitu ginseng lurus, ginseng bengkok dan ginseng setengah bengkok.
Ginseng kering adalah ginseng yang mengandung air di bawah 14%. Proses pengeringan bisa dilakukan dengan bantuan sinar matahari atau diangin-anginkan.  Karena telah dikeringkan, ginseng ini menjadi sangat keras. Biasanya ginseng kering digunakan untuk obat tradisional Korea yang sampai saat ini masih populer di kalangan masyarakat Korea.
Ginseng kering dijual dalam bentuk bubuk ginseng atau kapsul. Bentuk ini mudah disimpan dan digunakan serta sering dipakai oleh klinik tradisional Korea . Jenis ginseng ini juga dapat digunakan untuk bahan masakan Korea, yaitu Samgye-tang.

Ginseng Merah
Ginseng Merah adalah ginseng basah yang dikukus sebanyak 4-7 kali. Ginseng basah yang dipilih untuk diolah menjadi ginseng merah biasanya adalah ginseng yang berumur 4 – 6 tahun. Ginseng ini berwarna coklat muda dan dapat dibagi menjadi Cheonsam, Jisam, Yangsam berdasarkan kualitasnya. Belakangan ini perhatian masyarakat Korea terhadap masalah kesehatan sangat besar, sehingga kebutuhan masyarakat Korea semakin meningkat.
Ginseng merah mengandung air di bawah 14% setelah proses pengukusan dan pengeringan. Setelah proses pengolahannya, ginseng berubah warna menjadi coklat, lebih keras dan dapat dipertahankan bentuknya dalam jangka waktu lama. Ginseng merah tetap awet sampai 10 tahun, oleh sebab itu proses pengolahan tersebut sering disebut kemajuan teknologi pengolahan ginseng.

Cara makan ginseng
Cara makan ginseng basah

1. Cara menggunakan blender
 
  - Cuci ginseng basah
Sebelum diolah, bagian atas ginseng harus dibuang. Kemudian ginseng basah direndam air selama 10 menit karena biasanya ginseng basah berada dalam keadaan agak kering. Setelah itu, cuci ginseng yang telah direndam menggunakan sikat gigi.

  - Cara mencampur dengan blender
Biasanya ginseng basah dicampur dengan susu. Caranya, satu gelas susu bercampur dengan ginseng basah 25 - 40g. Ukuran ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Misalnya, untuk mengurangi rasa pahit ginseng, kita bisa menambahkan madu atau gula. Minuman ini juga baik untuk dikonsumsi anak-anak.

2. Cara menambah madu

  - Cuci ginseng basah
Cara mencuci ginseng sama dengan nomor 1.

  - Cara mencampur dengan madu
Kupas kulit ginseng basah yang telah dicuci. Lalu iris ginseng tipis-tipis, masukkan ginseng itu ke dalam botol yang telah diisi dengan madu (Perbandingan ginseng dengan madu adalah 1 banding 5). Kemudian aduk dengan sendok dan tutup dengan baik. Campuran ginseng-madu ini siap untuk dinikmati. Cara meminumnya bisa dengan mencampurkannya dengan air atau langsung meminumnya sesendok demi sesendok. Jika suka, campuran ginseng-madu ini boleh juga ditambah bubuk ginseng.

Cara makan ginseng putih

1. Umum (untuk para pekerja atau pelajar)

  - Pertama-tama, masukkan ginseng putih 12 – 20 gram ke dalam teko atau slow cooker (panci listrik). Kemudian isikan air 1.000 ml dan rebus hingga airnya berkurang menjadi 600 ml. Minum airnya setelah dingin. Ginseng ini bisa direbus sampai 3 kali. Jangan buang ginseng setelah direbus satu kali.

2. Buat orang lemah dan sakit – pakai teko khusus obat

  - Rebus ginseng putih 20 – 50 gram bersama air 3 liter, jahe 4 gram, kurma 15 – 20 gram (4 biji) hingga airnya berkurang sampai 1 liter. Setelah itu yang direbus dituangkan ke kain bersih dan diperas. Orang dewas minum air ginseng ini 3 kali sehari setelah makan. Anak yang berumur 10 – 15 tahun minum air ginseng setengah dari yang dewasa. Anak di bawah umur 10 tahun minum 1/4 dari yang dewasa.

3. Buat obat kuat – pakai teko tanah liat (tembikar)

  - Rebuslah ginseng putih 20 – 50 gram bersama air 3 liter, jahe 4 gram, kurma 15 – 20 gram (4 biji), omija 5 – 10 gram, jinpi 5 – 10 gram dan beras ketan 150 gram hingga airnya berkurang sampai menjadi 1 liter (jika tidak memungkinkan, omija, jinpi dan beras ketan bisa diabaikan). Setelah itu, air rebusan tersebut disaring dengan kain bersih dan diperas. Orang dewasa bisa minum air ginseng ini 3 kali sehari setelah makan. Anak-anak berumur 10 – 15 tahun minum air ginseng sebanyak setengah dari dosis dewasa. Anak di bawah umur 10 tahun minum 1/4 dari dosis dewasa.

* Jika ingin mencampurkan dengan bahan obat tradisional Korea, sebaiknya mengikuti resep dokter tradisional Korea.

Cara makan ginseng merah

1. Minum air ginseng merah dalam jangka waktu pendek (hanya untuk pengobatan)
 
  - Rebus ginseng merah 50 – 60 gram bersama air 1.000 ml, kurma 3 buah, jahe 3 gram hingga airnya berkurang menjadi 350 ml. Minum air ginseng merah ini 2 ~ 3 kali sehari. Anak di bawah usia 15 tahun boleh meminumnya sebanyak setengah dari dosis dewasa. (Jika minum air ginseng merah ini dalam jangka waktu yang lama, maka efeknya akan lebih baik. Sebaiknya minum air ginseng merah ini terus-menerus untuk memperbaiki kesehatan.)

2. Minum air ginseng merah untuk memperbaiki kesehatan

  -Rebus ginseng merah 12 – 20 gram bersama air 1.000 ml, kurma 3 biji, jahe 3 gram hingga airnya berkurang menjadi 350 ml. Minum air ginseng merah ini 2 ~ 3 kali sehari. Anak di bawah 15 tahun minum yang setengah dari dosis dewasa. (Jika minum air ginseng merah ini dalam jangka waktu yang lama, maka efeknya akan lebih baik. Sebaiknya minum air ginseng merah ini terus-menerus untuk memperbaiki kesehatan.)

Cara makan bubuk ginseng/bubuk ginseng merah

Cara membuat madu-ginseng atau madu-ginseng merah

  - Cara membuat madu-ginseng atau madu-ginseng merah lebih mudah daripada membuat madu-ginseng basah. Masukkan bubuk ginseng ke dalam botol yang telah diisi dengan madu. Kemudian aduk dengan sendok dan tutup dengan baik. Campuran madu-ginseng ini bisa langsung dimakan sebanyak satu sendok makan. Campuran madu-ginseng ini juga bisa diencerkan dengan air kemudian diminum. Bila suka, boleh juga ditambahkan ginseng basah yang utuh. (Saat tamu atau sanak saudara datang ke rumah campuran madu-ginseng ini dapat disajikan sebagai teh ginseng.)

 
  Korea Exchanging Bank
Nomor Rekening : 504-22-00134-1
PT. Korindo Tour
 
7,167,736 
Copyright@2021PT. KorindoTour All rights reserved.
damunhwa 1gil 65-1 ,wongok-dong,danwon-gu,ansan-si,gyeonggi-do,korea
E-mail. korindo99@hanmail.net /Tel. 031-492-5775 /Fax. 031-492-5776